Home

Saturday, September 5, 2015

Kekayaan Budaya di Indonesia

Macam-macam budaya Indonesia sudah terkenal unik di seluruh dunia. Selain itu, Indonesia juga mendapat julukan Zamrud Khatulistiwa. Budayanya pun sudah mendunia, ditambah dengan semakin bertambahnya provinsi di Indonesia nan sampai saat ini sudah berjumlah 33 provinsi. Ini tentu saja membuat semakin beragamnya budaya kita.
Dewasa ini memang dibutuhkan kerja keras agar macam-macam budaya Indonesia dapat tetap lestari. Luasnya wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke membuat kita kaya akan budaya.
Uniknya, budaya Indonesia dapat kita lihat saat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Latif (TMII). Di sana terdapat macam-macam budaya Indonesia, mulai dari rumah adat, baju adat, dll. Tapi, tak ada salahnya sewaktu-waktu kita pun mengunjungi daerah di Indonesia buat melihat secara langsung macam-macam budaya Indonesia.
Untuk lebih mengenal macam-macam budaya Indonesia, marilah kita berkunjung ke tiap pulau di Indonesia. Budaya Indonesia sebetulnya tak kalah dengan budaya dari luar, tetapi sangat disayangkan sebagian penduduk Indonesia lebih merasa bangga dengan budaya luar.
Sebelum mengetahui macam-macam budaya Indonesia, ada baiknya kita ketahui apa itu budaya dan kebudayaan. Dalam bahasa sehari-hari, kebudayaan artinya terbatas pada hal-hal nan latif seperti candi, tari-tarian, seni rupa, seni suara, kesusastraan, dan filsafat.
Definisi ilmu antropologi jauh lebih luas sifat dan ruang lingkupnya. Menurut ilmu antropologi, kebudayaan ialah holistik sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehudupan masyarkat nan dijadikan milik diri manusia dengan belajar. Sementara itu, budaya itu sendiri artinya ide dari budi dan daya seseorang buat melakukan sesuatu.


Macam-macam Budaya Indonesia

Indonesia ialah negara nan sangat kaya kebudayaan. Setiap pulau nan terdiri atas beberapa provinsi mempunyai kebudayaan nan berbeda. Tiap suku bangsa memiliki bahasa, rumah adat, tarian, lagu daerah, baju adat, upacara adat, makanan tradisional, dll. Seperti nan tertulis di bawah ini, kita akan coba bahas macam-macam budaya Indonesia.


1. Macam-macam Budaya di Pulau Sumatera

Pulau nan mendapat julukan Suwarnadwipa (pulau emas) atau Suwarnabhumi (tanah emas), keunikan macam-macam budayanya dapat kita lihat di bawah ini.

a. Rumah Adat

  1. Aceh: Rumoh Aceh
  2. Sumatera Utara: Jabo Balon
  3. Sumatera Barat: Rumah Gadang
  4. Sumatera Selatan: Rumah Limas
  5. Riau: Rumah Adat Melayu Selaso Jatuh Kembar, Lontiok
  6. Jambi: Rumah Panggung
  7. Lampung: Nuwo Sesaat
  8. Bengkulu: Bubungan Limas

b. Tarian

  1. Aceh: Tari Bines, Didong, Tari Guel, Tari Mesekat, Tari Rateb Meuseukat, Tari Saman, Tari Seudati, Tari Laweut, Tari Likok Pulo, Tari Pho, Tari Rapa'i Geleng, Tari Ula-ula Lembing, dan Tari Pukat.
  1. Sumatera Utara: Tortor, Tari Sapu Tangan, Tari Adok, Tari Anak, Tari Pahlawan, Tari Lagu Duo, Tari Perak, dan Famaena.
  1. Sumatera Barat: Tari Piring, Tari Payung, Tari Indang, Tari Pasambahan, dan Tari Lilin.
  1. Riau: Zapin, Rentak Bulian dan Serampang Dua Belas.
  2. Kepulauan Riau: Madah Gurindam'
  1. Jambi: Sekapur Sirih, Selampit Delapan, dan Rangguk.
  1. Bengkulu: Tari Andun, Bidadei Teminang, dan Tari Kejei.
  1. Sumatera Selatan: Gending Sriwijaya, Bekhusek, Tanggai
  2. Kepulauan Bangka Belitung: Tari Campak.
  1. Lampung: Bandana, Sembah, Tayuhan, Sigegh, dan Labu Kayu.

c. Lagu

  1. Aceh: B ungong Jeumpa dan Lembah Alas.
  1. Sumatera Utara: Piso Surit, Anju Ahu, Bungo Bangso, Cikala Le Pongpong, Bungo Bangso, Butet, Dago Inang Sarge, Lisoi, Madekdek Magambiri, Mariam Tomong, Nasonang Dohita Nadua, Rambadia, Sengko-Sengko, Siboga Tacinto, Sinanggar Tulo, Sing Sing So, dan Tapian Nauli.
  1. Riau: Soleram, Kebangkitan Melayu, Tanjung Katung, Bungo Cempako, Lancang kuning, Ayam Putih Pungguk, Makan Sirih, Uyang Bagan Tak Ondak Belaya, Mak Long, Tuanku Tambusai, Pak Ngah Balek, Puteri Tujuh, Dedap Durhaka, dan Kutang Barendo.
  1. Sumatera Barat: Ayam Den Lapeh, Barek Solok, Dayung Palinggam, Kambanglah Bungo, Kampuang Nan Jauh Di Mato, Ka Parak Tingga, Malam Baiko, Kampuang yang Jauh di Mato, Kambanglah Bungo, Indang Sungai Garinggiang, dan Rang Talu.
  1. Sumatera Selatan: Cuk Mak Ilang, Dek Sangke, Gending Sriwijaya, Kabile-bile, dan Tari Tanggai.
  1. Jambi: Batanghari, Soleram, Injit-Injit Semut, Pinang Muda, dan Selendang Mayang.
  1. Bengkulu: Lalan Belak.
  1. Lampung: Lipang Lepangdang.


2. Macam-macam Budaya di Pulau Jawa dan Bali

Pulau Jawa mendapat julukan Jawadwipa (pulau padi). Terdapat beberapa provinsi di pulau tersebut dan banyak keanegaraman budayanya. Macam-macam budaya Indonesia di Pulau Jawa dan Bali ialah sebagai berikut.

a. Rumah Adat

  1. Jawa Tengah: Joglo
  2. Jawa Timur: Joglo
  3. DI Yogyakarta: Joglo
  4. Jawa Barat: Kasepuhan
  5. Bali: Natar

b. Tarian

  1. DKI Jakarta: Topeng dan Yapong.
  1. Jawa Barat: Bangbarongan, Bengberokan, Jaipongan, Tari Cikeruhan, Tari Topeng Cirebon, Tari Topeng Priangan, Kuda lumping, dan Reog (Sunda).
  1. Jawa Tengah: Ebeg, Topeng Ireng, Kuda lumping, Tari Topeng Sinok, Tari Topeng Brebes, dan Reog (Banjarharjo).
  1. Jawa Timur: Tari Remo, Kuda lumping, Reog (Ponorogo)
  2. Yogyakarta: Tari Golek Menak dan Kuda lumping.
  1. Bali: Joged Bumbung, Gambuh, Kecak, Legong, Sanghyang, Tari Bali, Tari Jangger, Tari Pendet, dan Tari Rejang.

c. Lagu

  1. Jakarta: Kicir-kicir, Jali-jali, Lenggang Kangkung, Keroncong Kemayoran, Surilang, dan Terang Bulan .
  1. Jawa Barat: Bubuy Bulan, Cing Cangkeling, Es Lilin, Karatagan Pahlawan, Manuk Dadali, Panon Hideung, Peuyeum Bandung, Pileuleuyan, danTokecang.
  1. Banten: Dayung Sampan.
  1. Jawa Timur: Keraban Sape dan Tanduk Majeng.
  1. Jawa Tengah: Gambang Suling, Gek Kepriye, Gundul Pacul, Ilir-ilir, Jamuran, Bapak Pucung, Yen Ing Tawang Ono Lintang, Stasiun Balapan.
  1. Yogyakarta: Pitik Tukung, Sinom, Suwe Ora Jamu, Te Kate Dipanah.
  1. Bali: Mejangeran dan Ratu Anom.


3. Macam-macam Budaya di Pulau Kalimantan dan Nusa Tenggara
Pulau ini mendapat julukan Warunadwipa nan artinya 'Pulau Dewa Laut'. Beberapa istilah nan dulu digunakan buat Pulau Kalimantan. Tidak kalah dengan dua pulau nan telah kita bicarakan di atas, Kalimantan memiliki karakteristik khas budaya sendiri.
Comments
0 Comments
Designed By Faisol Akhmad