Home

Tuesday, September 8, 2015

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Puncak gunung merbabu merupakan salah satu gunung di Jawa yang sering menjadi tujuan pendakian oleh para pendaki. Mt Merbabu terletak di magelang, semarang dan boyolali, jawa tengah. Gunung dengan ketinggian 3124 Mdpl ini mempunyai 7 puncak, tetapi kebanyakan tujuan para pendaki adalah 3 puncak dari 7 puncak yaitu puncak Syarif, puncak Kenteng Songo, dan puncak Trianggulasi yang merupakan puncak tertinggi merbabu. Jalur pendakian merbabu ada 4 jalur yaitu jalur Cunthel, Wekas, Thekelan, dan Selo.
Sesuai judul artikel diatas " Pendakian Gunung Merbabu ". Saya disini akan bercerita tentang pendakian ke-2 kalinya di merbabu. Pendakian sebelumnya melalui jalur Selo dan disini saya akan bercerita pendakian merbabu melalui jalur wekas. Pendakian saya lakukan pada tanggal 8 sampai 10 februari 2015. Mendaki gunung, apakah saya seorang pendaki atau mapala? "Bukan". Saya adalah orang biasa yang tertarik akan sebuah puncak tertinggi, berawal dari pendakian pertama saya di Mt. Lawu, jawa Timur dan Jawa tengah. menurut saya ada sensasi tersendiri dari kegiatan mendaki gunung, salah satunyanya, jika kalian pernah menonton film 5cm (Puncak tertinggi di Pulau jawa "Mahameru"), kira - kira seperti itulah ekspresi sensasinya.
Pendakian, saya mulai dengan 4 orang teman saya, 3 orang sudah lulus kuliah, 1 orang mahasiswa baru, dan saya sendiri di tahun ini masih bolak - balik kampus..^_^.  
Basecamp Wekas berada di Perkampungan Kedakan, Magelang, Jawa Tengah. Perjalanan di mulai dari kota yogyakarta menuju titik pendakian wekas. Rencana Perjalanan dimulai pukul 13.00 tetapi molor sampai pukul 20.00 itu dikarenakan oleh saya yang tidak bisa datang tepat waktu karena ada urusan yang tidak bisa saya tinggalkan. Mungkin urusan tersebut di ibaratkan "Kesempatan yang tidak datang 2 kali". Pukul 20.00 perjalanan di mulai dari yogyakarta dengan di temani hujan lebat. Menggunakan kuda besi sebut saja kendaraan bermotor berjumlah 3 motor, kami menerjang lebatnya hujan dan dinginnya malam.

Sekitar pukul 22.00 kami sampai di basecamp wekas. Kami putuskan untuk melakukan pendakian malam itu juga, sebelumnya kami beristirahat terlebih dahulu setelah melakukan perjalanan dari yogyakarta sembari melakukan pendaftaran pendakian.
Biaya karcis masuk pendakian merbabu : Rp 5000,- / Orang.
Comments
0 Comments
Designed By Faisol Akhmad