Home

Friday, August 21, 2015

Menyimak Konsep Pendidikan Kita

Dalam dunia pendidikan sejauh ini terus berubah dan perkembang mengikuti konstek zaman dengan segala dinamikanya. dan kompetisi itu pun terus bergerak mengikuti zaman dengan bentuk variasinya. 

Kalo boleh kit renungi bersama bahwa pendidikan kita sejauh ini hanya berorientasi pada pengembangan intelektual peserta didik, tanpa mengindahkan nilai-nilai emosional dan spritualitas, sehingga banyak kepincangan-kepincangan yang melanda moral peserta didik, misalnya kekerasan dalam dunia pendidikan, tawuran antar siswa menjadi ironi, dan problem bagi para pendidik.

Apa  sebenarnya yang terjadi di balik dunia pendidikan kita, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan acapkali terjadi? mungkin saja pertanyaa tersebut membutuhkan jawaban, baik oleh para pendidik, wali murid maupun oleh pemerintah itu sendiri. kembali lagi pada konsep[ pendidikan kita, apakah perubahan-perubahan kurikulum mulai dari kurikulum tahun 1986, sampai dengan kurikulum KTSP dan K13, yang terus menuai kontroversi dan perubahan, sehingga terkesan bahwa tidak ada konsep yang baku dalam dunia pendidikan kita, yang pada akhirnya berakibat terhadap lajunya roda pendidikan kita sebagai ujung tombak dari perbaikan-perbaikan bangsa ini.

Pemerintah, Pendidik, dan wali murid merupakan peletak dasar bagi proses pertumbuhan dan perkembangan pendidikan anak didik mulai dari tingkat dasar yang paling menentukan arah hidup mereka sampai pada tingkat perguruan tinggi, yang pada akhirnya dalam dunia sosial masyarakat yang merupakan penentu dari sistem yang dibangun oleh komoponen-komponen tersebut.
Comments
0 Comments
Designed By Faisol Akhmad